Social Icons

Pages

Selasa, 16 Oktober 2012

SMP PERTAMA YANG MEMILIKI MARCHING BAND DI CIAMPEL


Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dalam Pasal 3 mengatakan bahwa pendidikan nasional bertujuan untuk berkembangnya potensi murid, sedangkan Pasal 4 ayat (4) bahwa pendidikan diselenggarakan dengan memberi keteladanan, membangun kemauan, dan mengembangkan kreativitas murid dalam proses pembelajaran lalu pada Pasal 12 Ayat (1b) yang menyatakan bahwa setiap murid pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan
pelayanan pendidikan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya.
Berdasar pada peraturan diatas dengan demikian sebagai lembaga

pendidikan berkewajiban menyediakan sarana untuk penyaluran bakat dan minat siswa.
SMP Kawasan Industri Ciampel yang berdiri pada tahun 2002 saat ini berupaya untuk meningkatkan pelayanan dalam bidang pendidikan khususnya bidang ekstrakurikuler. Salahsatunya adalah kegiatan ekstrakurikuler Marching Band. Bahana Swara Mandiri demikian nama dari Marching Band tersebut.
Tujuan dasarnya adalah sebagai wadah minat dan bakat siswa dalam hal bermusik, namun selain daripada tujuan utama tersebut Marching Band juga mampu membentuk siswa menjadi siswa yang berdisiplin, harmonis, dan berselaras. Karena kegiatan ini menuntut harmonisasi nada dan baris yang selaras, rasa egoisme ditekan agar barikade dan harmonisasi menjadi selaras.





Di kecamatan Ciampel sekolah jenjang tingkatan pertama berjumlah sebanyak tiga sekolah, yaitu SMPN 1 Ciampel, SMPN 2 Ciampel, dan SMP Kawasan Industri Ciampel (KIC) itu sendiri. Dan dengan adanya kegiatan ekskul Marching Band ini maka otomatis SMP KIC menjadi sekolah pertama yang mengadakan kegiatan tersebut. Hal ini tentu saja membanggakan dan menambah motivasi bagi siswa yang mengikutinya untuk memacu diri, berlatih keras untuk menguasai segala ilmu tentang Marching Band.
Dalam rangka mewujudkan suatu Grup Marching Band yang bermutu dan profesional, SMP KIC pun mendatangkan pelatih dari sebuah lembaga musik di karawang yaitu WE AM ARE Management. Lembaga musik yang beralamatkan di Jalan Cisadane No. 210 Perum Johar Permai Karawang. Adalah Gusti Sagisash Asa, Wimar Hidayat, Hamdan Permana yang menjadi pelatih dari Marching Band Bahana Swara Mandiri.
Maju terus SMP KIC.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentari, untuk bahan diskusi dan perbaikan